RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP – NO. 2.8)
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI/.4
Pertemuan Ke- :
1,
2
Alokasi
waktu Waktu : 4 x 45 Menit
Standar Kompetensi : 2. Berkomunikasi dengan bahasa indonesia setara tingkat Madia
Kompetensi Dasar : 2.8. Bercakap-cakap secara sopan dengan mitra
bicara
dalam konteks kerja.
Indikator :
1.
Menggunakan kata atau ungkapan dalam memulai / mengakhiri suatu pembicaraan baik
formal maupun non formal secara efektif.
2.
Menerapkan pola gilir percakapan secara aktif untuk
keperluan mengajukan pertanyaan,
tanggapan pendapat atau menyatakan penghargaan.
3.
Mengalihkan topik pembicaraan ( topik switching )
secara halus dengan mengggunakan ungkapan yang tepat .
4.
Menyatakan pendapat yang berbeda tanpa menimbulkan
konflik secara halus dan santun.
I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah pembelajaran, Peserta didik diharapkan :
1.
Menggunakan kalimat untuk memulai atau mengakhiri suatu
pembicaraan baik formal maupun non formal secara efektif
2.
Menerapkan pola gilir percakapan secara aktif untuk
keperluan mengajukan pertanyaan, tanggapan, pendapat.
3.
Mengalihkan topik pembicaraan ( topik switching ) secara
halus dengan menggunakan ungkapan yang tepat.
4.
Menyatakan pendapat yang berbeda tanpa menimbulkan
konflik secara halus dan santun.
II. Materi
Ajar :
1.
Etika dan Norma Konversasi
1.
Menggunakan kalimat untuk memulai acara.
Contoh :
-
Assalamu ‘alaikum wr. Wb. (untuk sambutan)
-
Ada yang perlu saya bantu? (sebagai pelayan)
-
Selamat pagi! Di sini Tunas harapan bisa saya bantu?
(untuk menerima telepon
-
2.
Menggunakan kalimat untuk mengakhiri percakapan.
-
Assalamu ‘alaikum...(penutup)
-
Sekian
-
Terima kasih atas informasinya.
3.
Pola Gilir untuk diskusi untuk mempertahankan
keberlangsungan percakapan.
-
Moderator :
Silakan bertanya!
-
Peserta :
Terima kasih Saudara moderator....
4.
Mengalihkan Topik Pembicaraan
Contoh : - Maaf
pertanyaannya singkat saja.
-
Maaf, ini agak jauh menyimpang dari topik diskusi kita.
2.
Contoh kalimat efektif
3.
Kata/ ungkapan yang bernuansa konflik
4.
Contoh dialog / percakapan sesuai dengan konteks
lingkungan kerja.
III. Metode Pembelajaran :
1.
Diskusi
2.
Pelatihan
3.
Simulasi
IV. Kegiatan
Pembelajaran:
Pertemuan
ke
|
Langkah-langkah
Pembelajaran
|
Alokasi
waktu
|
Pertemuan ke dua puluh
|
A. Kegiatan Awal:
1)
Peserta didik diingatkan kembali dengan diberi
pertanyaan tentang teknik diskusi yang telah
dipelajari dalam KD 2.7. dan mendapat informasi tentang tujuan materi
hari ini ”Bercakap-cakap secara sopan dengan mitra bicara dalam konteks
bekerja”.
2)
Peserta didik membentuk kelompok diskusi (masing
kelompok terdiri dari 4 orang) (elaborasi)
B. Kegiatan Inti:
1.
Setiap kelompok merencanakan desain percakapan sesuai dengan konteks lingkungan
kerja. (rapat, seminar, pembawa acara,
pembaca berita radio/TV), melakukan percakapan sesuai dengan desain yang
dibuatnya agar muncul sikap mandiri, kreatif, berani, berdiskusi, dan
bertanggung jawab serta peduli lingkungan atau sosial (eksplorasi)
2.
Peserta didik mengungkapkan gagasan, tanggapan,
pendapat dan penghargaan dengan menggunakan pola gilir, lalu mengalihkan
topik pembicaran secara halus dan santun dengan menggunakan ungkapan yang
tepat, agar tertanam sifat kreatif, berani, mandiri, bertanggung jawab,
toleransi, (eksplorasi)
3.
Peserta didik mengungkapkan gagasan dan pandangan yang
berbeda dengan tetap menjaga keberlangsungan dan kenyamanan berkomunikasi.
agar
tertanam sikap toleransi dan bersahabat (eksplorasi)
C.Kegiatan Akhir :
1. Peserta
didik mengumpulkan kesimpulan hasil percakapan.(konfirmasi)
|
10 menit
70 menit
10 menit
|
V. Alat/Bahan/Sumber
Belajar
- Alat : -
- Bahan :
Rekaman contoh dialog / percakapan sesuai
dengan
konteks lingkungan kerja.
- Sumber belajar :
- Modul Bahasa Indonesia. The Madia
Pavera
JD ( 1998 ) Belajar Mengemukakan
Pendapat
- Prastowo,Wahyu.(2007) Bahasa Indonesia 2 , Arya Duta.
- Tim Bahasa dan Sastra Indonesia, (2007) Bahasa dan Indonesia Kls. XI.
Galaxy Puspa Mega.
VI. Penilaian :
- Jenis tes : Perbuatan
Perintah
kerja Peserta didik !
1.
Lakukanlah simulasi percakapan dengan mitra bicara dalam
konteks bekerja !
2.
Perhatikan tata cara pengungkapan gagasan, tanggapan,
pendapat dan penghargaan yang halus dan santun !
Format Penilaian Simulasi
No
|
Nama Peserta
|
Aspek yang Dinilai
|
||||||
|
|
Pengungkapan gagasan
|
Pengungkapan tanggapan
|
Pengungkapan penghargaan
|
Kerja sama
|
Keterangan
|
||
1
|
|
|
|
|
|
Baik = skor
3
|
||
2
|
|
|
|
|
|
Cukup =
skor 2
|
||
3
|
|
|
|
|
|
Kurang =
skor 1
|
||
Jumlah skor
maksimal 12
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
||
Pedoman penskoran
Skor
perolehan X 100 =
Nilai yang diperoleh
Skor
maksimum
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Drs. Sugiono, M.Pd.
NIP. 19590705 198603 1 027
|
Surabaya, Januari
2013
Guru Mata Pelajaran
Drs.
Siswoyo Dwi Putro
NIP
19640401 200801 1 007
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar